Senin, 08 November 2010

Tips SEO : Langkah awal untuk pemula Blogger


Banyak blogger baru yang bertanya-tanya, "Apa langkah awal untuk mengoptimalkan blog kita pada mesin pencari?" (Walau saya sendiri juga masih ingusan, newbie). Banyak sekali yang telah di tulis di blog-blog atau Anda dapat mencarinya di google tentang SEO tetapi saya coba memberikan 5 langkah dasar pertama.

1. Konten adalah Raja
Saya sangat setuju ketika saya menmukan pada problogger, dan menyebut Konten adalah nomer satu. Mungkin beberapa menyanggahnya dan berkata dengan menomorsatukan berbagai tip dan trik. Masalahnya sekali lagi, saya selalu katakan Anda harus berpikir jangka panjang. Bayangkan jika konten Anda bagus, pasti akan banyak blog yang mengambil artikel Anda dan menempatkan link Anda sebagai sumber. Begitu pula banyaknya frekuensi pembaca yang kembali karena merasa puas dengan tulisan Anda.

2. Apa Yang Akan Pembaca Ketikkan?
Ketika Anda menulis sebuah artikel, tentu Anda sudah harus mengantisipasi apa yang akan pembaca ketik di mesin pencari mengenai informasi Anda. Misalnya Anda membuat artikel tentang marquee, Anda perlu menambahkan kata-kata "teks berjalan" "cara mudah membuat teks berjalan". Itu yang mungkin pembaca ketikkan.

3. Judul Judul dan Judul
Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika membuat suatu judul dan bisa menembus mesin pencari.
- Pilih Judul yang tepat, yang sesuai isi, jangan terlalu pendek.
- Tulis ulang judul di akhir artikel. Anda tidak harus menulisnya sama persis. Mungkin ketika Anda menuliskan judul "Cara Membuat Marquee", maka di akhir artikel Anda tambahkan "Begitulah cara mudah membuat marquee. Semoga berhasil"
- Sisipkan kata-kata yang mengarah ke judul di awal paragraf pertama dan awal paragraf terakhir


4. Link Ke Artikel Lain
Contohnya seperti yang Anda lihat dua baris di atas, ketika saya menghubungkan artikel ini dengan link ke artikel yang lain. Anda bisa membuat suatu bahasan singkat dalam suatu artikel dan Anda telah menulis bahasan itu lebih luas dulu, maka hubungkan dengan link sehingga pembaca dengan mudah menjangklaunya. Melompat-lompat dari judul ke judul sehingga mereka beberapa kali membuka jendela Anda.

5. Link Dari Blog Lain
Link dari blog lain bisa jadi sangat mudah sekarang dengan apa yang kita semua sebut 'link back'. Tetapi jangan Anda menjadi terobsesi dengan linkback seperti itu, yang Anda harus pikirkan adalah menulis konten hebat. Lebih bagus link yang terbangun dengan sendirinya karena mereka menganggap artikel Anda hebat dan menulisnya ulang dengan menempatkan link Anda sebagai sumber.

Dan beberapa hal lain yang telah sering saya katakan
- Daftarkan di berbagai interkasi sosial seperti facebook dan jejaring lain.
- Daftarkan Anda di berbagai situs pendaftar blog seperti topblog, bloglist dan lain-lain
- Plugin. Tentu hal ini sangat membantu Anda

Mungkin terlalu dini bagi saya menulis Langkah Awal Cara Mengoptimalkan Mesin Pencari ini karena blog saya sendiri masih baru, tetapi saya hanya mencampurkan beberapa kesamaan blog-blog hebat ketika mereka membeberkan rahasia kesuksesan mereka nangkring di tangga atas google.

0 komentar:

Posting Komentar